Saturday, April 14, 2007

Virus/Worm masuk via Rekayasa Sosial (lagi)


Email ini saya terima kemarin, tetapi dapat difilter dengan baik oleh scanner pada mail server dan dikategorikan sebagai SPAM (masuk folder bulk). Meskipun hampir tiap hari mailbox saya menerima ratusan SPAM tapi email yang satu ini menarik perhatian saya. (Meskipun masuk folder bulk, saya tetap berusahan meluangkan waktu untuk memeriksa email2 tsb, untuk mengantisipasi kesalahan sistem dimana email yg benar tetapi dianggap SPAM -FalsePositive). Isinya mengatakan bahwa sistemnya mendeteksi kegiatan aneh dari IP yang saya gunakan untuk kirim email, kemungkinannya terhubung ke epidemic worm yang belum memiliki patch resmi untuk hal ini. Dia merekomendasikan saya untuk melakukan instalasi patch yg dikirimkan tsb untuk menghilangkan worm dan kegiatan pengiriman email yang dilakukan virus/worm melalui IP saya. jika tidak, maka account saya akan diblok. Dia juga memberikan alasan kenapa patch yang dikirim dikompress dan di password.. :-)
Situs ini adalah website pribadi. Semua Opini yang ada adalah opini pribadi dan tidak mengekspresikan tempat bekerja.